SiPen News

6/recent/ticker-posts

Pemetaan KD Kelas 1-6 Semester 1 dan 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2020

Daftar Isi [Tampil]
    klatenguru.blogspot.com, Pasal 2 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah dinyatakan bahwa 1)Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. 2) Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pelajaran pada masing masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. 3) Kompetensi inti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas: a. kompetensi inti sikap spiritual; b. kompetensi inti sikap sosial; c. kompetensi inti pengetahuan; dan d. kompetensi inti ketrampilan. 4) Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. 5) Kompetensi inti dan kompetensi dasar digunakan sebagai dasar untuk perubahan buku teks pelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


    Berdasarkan pasal di atas, admin memahami bahwa Kompetensi Dasar memiliki 2 isi yaitu kemampuan spiritual, sosial, pengetahuan, ketrampilan dan mata pelajaran yang mengacu pada kompetensi inti. Hal ini menyatakan betapa pentingnya melakukan pemetaan KD terlebih dahulu sebelum kemudian kita merambah perangkat pembelajaran yang lain. Harapannya dengan guru membuat pemetaan KD dapat menyelaraskan perangkat pembelajaran dan action pembelajaran dengan tujuan pendidikan di Indonesia.

    Bagi anda yang berminat silahkan mengunduh perangkat di bawah ini, sebagai referensi bahan penyusunan pemetaan KD.

    ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


    Selaku admin, klatenguru.blogspot.com meminta maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam penulisan maupun bahasa yang belum sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia. Baik yang berhubungan dengan artikel maupun perangkat pembelajaran. Kami akan terus berusaha untuk membenahi kesalahan tersebut.

    Baca Juga
        ðŸ‘‰ Silabus Kurikulum 2013
        ðŸ‘‰ Prota Kurikulum 2013
        ðŸ‘‰ Promes Kurikulum 2013
        ðŸ‘‰ RPP Kurikulum 2013
        ðŸ‘‰ KKM Kurikulum 2013
        ðŸ‘‰ Pemetaan KD
        ðŸ‘‰ Jurnal Harian Kurikulum 2013
        ðŸ‘‰ Instrumen Administrasi Guru
        👉 Alokasi Waktu Guru
        👉 Kode Etik Guru
        👉 Pembiasaan Guru
        👉 Tata Tertib Guru
        👉 Ikrar Guru Indonesia

    Posting Komentar

    0 Komentar